1. Mencatat
dan menulis
Salah satu cara yang sudah mulai ditinggalkan adalah menulis di
kertas. Biasanya Anda selalu mencatat hanya di gadget bukan? Tahukah Anda jika
menulis itu memiliki manfaat untuk otak Anda?
Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dirilis jurnal
Psychological Science dan telah dibuktikan oleh dua psikolog dari Princeton dan
Universitas California, Los Angeles, Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer, bahwa
menulis di kertas memiliki manfaat yang besar jika dibandingkan dengan
mengetik.
Manfaatnya antara lain memperkuat daya ingat otak, meningkatkan
kemampuan otak untuk fokus, sekaligus sebagai olahraga bagi otak agar tetap
tajam hingga tua.
2. Membuat to-do list
Dengan membuat to-do list di buku catatan yang bertujuan
menentukan prioritas pekerjaan. Hal ini membuat Anda bekerja lebih efektif.
Namun, dalam membuat to-do list sebaiknya selipkan kalimat yang bisa menggugah
Anda untuk segera mengerjakan daftar tugas yang telah dibuat.
3. Catat
tugas yang menjadi prioritas dalam pekerjaan Anda
Sebagai profesional, dalam satu hari akan ada begitu banyak
tugas yang harus Anda kerjakan. Tapi ingat! hanya masukkan tugas yang menjadi
prioritas dalam pekerjaan Anda.
Catat tugas berdasarkan prioritas dan deadline dalam satu
periode. Jangan paksa memasukkan semua tugas karena bukan tak mungkin Anda akan
menilai diri tak mampu atau malas hanya karena ada satu tugas yang tak
terselesaikan.
4. Stimulasi
ide atau solusi dengan menuliskan "What If ..."
Permasalahan bisa saja datang ketika Anda sedang mengerjakan
sebuah tugas. Atasi permasalahan yang muncul dengan metode "What If
..." pada lembar catatan Anda.
Merujuk dari buku Nurturing
Business Innovation yang
disusun pebisnis Douglas Miller, kegiatan ini bisa menstimulasi kreativitas dan
bikin otak terlatih menjaring ide untuk jadi solusi atas berbagai tugas Anda.
Salah satu contohnya, katakanlah Anda harus mengerjakan materi
presentasi yang biasanya memakan waktu sampai satu jam. Anda bisa coba
menuliskan "What if, saya membuat template yang bisa saya gunakan untuk
beberapa keperluan presentasi, agar selanjutnya saya bisa mengerjakannya lebih
cepat dari biasa."
Lalu, tugas membuat template itu bisa ditambahkan ke daftar to-do list untuk mempermudah pekerjaan terkait
selanjutnya, hingga waktu lebihnya bisa digunakan untuk pekerjaan lain.
Dengan begitu, potensi pemetaan pekerjaan atau permasalahan
terus terbuka, dan Anda bisa lebih mudah menjaring ide dan kemungkinan baru
sebagai solusi nyata atas persoalan yang dihadapi agar lebih produktif dan
kreatif.
Hal-hal di atas bisa dengan mudah Anda lakukan hanya dengan
membuat catatan pada notebook Anda. Alangkah bijaknya jika Anda menggunakan notebook yang memiliki teknologi canggih
dan modern seperti Collins Notebook.
Bukan sekedar buku catatan biasa, notebook ini memberi pengalaman menulis di atas kertas yang eksklusif. Notebook ini juga dilengkapi fitur Smart Touch Technology yang dapat menghubungkan notebook dengan gadget seperti smartphone dan tablet melalui chip NFC (Near Field Communication).
Bukan sekedar buku catatan biasa, notebook ini memberi pengalaman menulis di atas kertas yang eksklusif. Notebook ini juga dilengkapi fitur Smart Touch Technology yang dapat menghubungkan notebook dengan gadget seperti smartphone dan tablet melalui chip NFC (Near Field Communication).
Fitur ini akan memudahkan Anda mengelola urusan pekerjaan Anda
sebagai profesional. Atur semua tugas harian Anda dengan memindai notebook berupa tulisan tangan,
ilustrasi ide maupun sketsa. Kemudian kirimkan data tersebut ke berbagai
perangkat elektronik dan cetak menjadi hard
copy untuk disimpan
maupun dibagikan ke tim.
0 komentar:
Posting Komentar